NEWS & EVENT


Sistem Sanitasi Tepat Untuk Rumah Anda

Sistem Sanitasi Tepat Untuk Rumah Anda

Harvest City - Perencanaaan terbaik dan tepat bagi sebuah bangunan rumah tidak hanya pada segi kekuatan dan estetika, tetapi harus juga memenuhi syarat-syarat kesehatan. Jika sebuah rumah tidak memenuhi syarat-syarat kesehatan tentunya jangan harap bisa mendapatkan kenyamanan dan ketentraman dalam menghuni rumah.

Pentingnya sebuah syarat-syarat kesehatan dalam membangun rumah menjadi faktor utama. Salah satu syarat kesehatan tersebut adalah adanya sistem sanitasi yang baik. Pada umumnya, sistem sanitasi sebuah rumah meliputi pengelolaan air bersih dan limbah, tetapi sebenarnya ada banyak beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sanitasi rumah.

Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam sistem sanitasi rumah? Simak informasi berikut yang dihimpun dari berbagai sumber.

Baca Juga : Bikin Dapur Outdoor? Gampang, Berikut Tipsnya!

1. Instalasi air bersih. Dua model instalasi air bersih yang dapat diterapkan di rumah, yaitu instalasi terbuka dan instalasi tertutup.

2. Instalasi limbah. Air buangan limbah terbaik adalah menggunakan saluran pipa ganda di sisi kanan dan kiri rumah untuk mengantisipasi salah satu pipa mampet.

3. Septic tank. Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI), ukuran septic tank harus disesuaikan dengan jumlah penghuni rumah. Misal, rumah dengan lima penghuni membutuhkan septic tank berukuran 1,6m x 0,8m x 1,6m.

Baca Juga : Kusen Aluminum, Siasat Hadapi Musim Hujan

4. Jarak sumur resapan. Sumur resapan harus diletakan pada sudut halaman terpencil yang jauh dari tempat bermain anak.

5. Tempat pembuangan sampah. Jangan buang sampah rumah tangga sembarangan karna akan menyebabkan penyakit, buatlah bak penampung sampah sementara dan mulai hidup sehat.

Nah, setelah kalian tau, kasih tau kita apakah poin-poin diatas sudah kalian penuhi?