NEWS & EVENT


Pintu Engineering, Kegunaan dan Keunggulannya

Pintu Engineering, Kegunaan dan Keunggulannya

Harvest City - Pintu merupakan salah satu elemen penting pada rumah yang berfungsi sebagai penutup akses masuk dan keluar sebuah ruangan. Selain itu, pintu juga dapat memberikan kesan dan karakter pada sebuah rumah melalui ukuran dan desainnya yang menarik, terlebih pada pintu depan atau pintu utama yang biasanya menjadi sebuah signature pada sebuah rumah dan menonjolkan kepribadian sang pemilik rumah.

Ada banyak jenis pintu yang sering digunakan, baik dari segi desain maupun tempat penggunaannya. Salah satu jenis pintu yang sering digunakan dan bisa membuat karakter sebuah rumah lebih kuat adalah pintu kayu. Dengan finishing yang baik, material yang bagus, warna yang tepat, serta motif yang menarik dapat memberikan kesan estetis dan karakter yang kuat pada sebuah ruangan maupun rumah.

Baca Juga : Nutrisi Penting Saat Sahur dan Berbuka

Namun, berdasarkan konstruksinya pintu kayu dibagi menjadi dua macam, yaitu pintu kayu solid dan pintu kayu engineering. Selain berbeda dari segi konstruksinya, kedua pintu ini dibuat dengan bahan dan proses finishing yang berbeda. Pintu kayu solid terbuat dari papan kayu yang diproses menjadi sebuah pintu, sedangkan pintu engineering harus melalui proses yang cukup panjang agar menjadi sebuah pintu utuh.

Nah, dari kedua jenis pintu diatas, kita akan bahas tentang pintu engineering yang sudah dirangkum dari berbagai sumber ini. Kita bahas mulai dari bahan yang digunakan, proses pembuatan, hingga finishing apa saja yang bisa diaplikasikan untuk membuat sebuah pintu engineering.

Simak informasi berikut ya, agar Anda lebih paham tentang pintu engineering!

Dilansir dari Builder.id, pintu engineering atau engineering door adalah pintu yang terbuat dari kayu alami yang sudah diolah, disusun, dan diberi lapisan veneer. Pintu ini hadir untuk menutup masalah yang sering timbul pada pintu kayu solid, misalnya melengkung, mudah retak, susut dll. Material atau bahan yang dipakai untuk membuat pintu engineering ini adalah limbah kayu, agar limbah kayu tersebut menjadi sesuatu yang lebih punya nilai guna.

Pintu engineering atau engineering door banyak menjadi pilihan karena tampilannya lebih bagus dibandingkan pintu kayu solid. Selain itu, ketahanan pada pintu engineering lebih baik ketimbang pintu kayu solid yang mudah memuai dan menyusut sehingga membuatnya tidak stabil untuk penggunaan jangka panjang, maka dari itu pintu engineering hadir untuk menutup kekurangan pada pintu kayu solid.

Durability yang dimiliki pintu engineering merupakan hasil dari proses pembuatan pintu yang cukup panjang, mulai dari proses pengumpulan bahan material dari limbah, proses oven untuk mengurangi kadar air pada bahan kayu, proses pemotongan, proses perekatan antar kayu, kemudian proses terakhir yaitu pemberian lapisan veneer sesuai permintaan pemesan. Proses panjang inilah yang membuat pintu engineering lebih tahan lama.

Finishing yang bisa diaplikasikan pada pintu engineering ini pun beragam, sesuai kebutuhan dan permintaan pemesan. Finishing yang bisa diaplikasikan diantaranya adalah melamine, cat duco, dan veneer. Finishing-finishing tersebut memiliki kriteria dan hasil yang berbeda-beda, tentunya pemilihan finishing pada pintu engineering harus disesuaikan dengan desain interior dan eksterior ruangan dan rumah Anda.

Baca Juga : Investasi Menarik Di Kawasan Cibubur

Pemilihan finishing yang tepat akan memberikan tampilan dan nuansa yang lebih baik kepada ruangan dan rumah Anda. Jika Anda ingin memberikan kesan sederhana, bisa menggunakan finishing melamine, sedangkan finishing cat duco cocok bagi Anda yang ingin memberikan variasi warna yang menarik dan lebih stand out, apabila Anda ingin memberikan motif pada pintu engineering Anda, bisa menggunakan finishing veneer.

Jadi, kalau Anda berniat untuk mengganti jenis pintu rumah Anda, Anda bisa coba untuk menggunakan jenis pintu ini agar lebih tahan lama dan bisa menghemat biaya maintenance rumah Anda dikemudian hari.