NEWS & EVENT


Nutrisi Penting Saat Sahur dan Berbuka

Nutrisi Penting Saat Sahur dan Berbuka

Harvest City - Nutrisi adalah zat kimia yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. Nutrisi terdapat dalam makanan yang sehari-hari biasa kita konsumsi, oleh karna itu tidak sulit bagi kita untuk mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Apalagi jika kita sedang berpuasa, asupan nutrisi harus tetap dijaga agar tubuh bisa menyesuaikan perubahan pola makan dan puasa tetap berjalan dengan lancar.

Dengan terjaganya asupan nutrisi, tubuh akan tetap berenergi dan tidak cepat lemas. Nah, jadi nutrisi apa aja sih yang penting bagi orang yang berpuasa terutama saat makan sahur dan berbuka puasa? Yuk, simak informasi berikut yang dilansir dari Halodoc ya.

Baca Juga : Investasi Menarik Di Kawasan Cibubur

1. Nutrisi Saat Sahur

Ada beberapa jenis asupan makanan yang bisa dikonsumsi saat sahur, di antaranya makanan yang banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Kamu bisa mencoba menu makan sahur, seperti ikan, kacang-kacangan, tentunya dilengkapi dengan buah dan sayur untuk membantu memenuhi nutrisi saat puasa. Sangat penting bagi kita untuk memastikan bahwa komposisi nutrisi dalam makanan sahur seimbang. Salah memilih menu makanan saat sahur bisa menyebabkan perut kembung dan rasa tidak nyaman selama kita berpuasa.

2. Nutrisi Saat Berbuka Puasa

Menu saat berbuka puasa setidaknya harus bisa memenuhi 10 hingga 20 persen kebutuhan energi dalam tubuh. Selain itu, menyantap makanan dan minuman manis juga dianjurkan untuk dilakukan saat berpuasa, tapi tetap jangan berlebihan. Beberapa makanan sehat yang dianjurkan saat berbuka puasa diantaranya kurma, buah segar, dan air kelapa murni.

Baca Juga : Latih Kreativitas Anak Saat Di Rumah Dengan Cara Ini

Selain nutrisi, jangan lupa asupan minuman berupa air putih harus tetap dijaga di bulan puasa agar tubuh tidak mengalami dehidrasi dan cadangan cairan dalam tubuh tetap mencukupi. Konsumsi buah buahan yang banyak mengandung air atau air putih yang cukup dengan pola 2-4-2, yaitu 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas air putih saat makan malam, dan 2 gelas air putih saat sahur.

Yuk, biasakan gaya hidup sehat mulai dari Ramadhan tahun ini!