NEWS & EVENT


Beli Rumah Baru atau Bekas? Apa Untung Ruginya?

Beli Rumah Baru atau Bekas? Apa Untung Ruginya?

Ketika membeli rumah, pertimbangan pertama yang terbesit di benak banyak orang adalah apakah mereka akan membeli rumah baru atau rumah lama alias rumah bekas? Ini memang bukan pilihan mudah lantaran akan merembet ke budget dan kelangsungan hidup. Jika berada di posisi ini apakah Anda akan memilih rumah baru atau rumah lama? Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya ketahui apa untung ruginya beli rumah bekas bila dibandingkan dengan membeli rumah baru.

Baca juga: Sweet Hortensia, Cluster Terbaru Harvest City yang Siap Merekah di Kawasan Strategis Transyogi

Kuntungan membeli Rumah Bekas

Membeli rumah bekas sesungguhnya bukanlah pilihan yang buruk, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila memilih pilihan ini. Keuntungan tersebut di antaranya kualitas bangunan yang sudah teruji, terutama jika rumah pilihan Anda berumur cukup tua. Seperti kita tahu, cara membangun rumah di zaman dahulu berbeda dengan jaman sekarang. Dahulu membangun rumah begitu teliti dan menggunakan bahan yang memadai. Kemudian rumah bekas yang berumur tua biasanya memiliki halaman yang luas mengingat ketika dibangun harga tanah masih terjangkau, dan lingkungannya pun sudah lama terbentuk, bahkan dari generasi ke generasi. Bila berada di kota, rumah tersebut biasanya dekat dengan banyak fasilitas umum.

Kekurangan Membeli Rumah Bekas

Di antara keuntungan membeli rumah bekas, ada juga poin-poin kekurangan yang harus diwaspadai. Poin pertama adalah urusan perawatan. Karena sudah berdiri untuk waktu lama, rumah bekas biasanya memiliki banyak pekerjaan rumah untuk pemilik barunya. Mulai dari atap bocor, bagian-bagian yang rusak, atau jaringan sanitair yang minta diganti. Tidak jarang Anda harus merenovasi bagian sanitair besar-besaran untuk menjaga higienitas, biasanya ongkos untuk ini tidaklah murah. Lalu rumah-rumah bekas biasanya tidak memiliki fitur modern yang jadi standar rumah sekarang, maklum ketika dibangun standar tersebut belum lah ada.

Baca juga: 10 Tahun Lalu Cibubur-Jonggol Tidak Dilirik, Sekarang?

Banyak rumah bekas tidak memiliki garasi atau carport memadai, atau lingkungannya kurang tertata rapi sehingga kendaraan roda empat sulit masuk atau bahkan tidak bisa masuk. Kejadian paling ekstrem akses rumah hanya sebatas satu orang berjalan kaki, atau bahkan tiba-tiba tidak memiliki akses karena lahan termakan oleh rumah lainnya.

Poin lain yang harus diperhatikan adalah lingkungan sekitar yang tidak memiliki fasilitas cukup, tidak ada area bermain dan sistem keamanan yang jelas. Paling-paling hanya mengandalkan sistem keamanan tradisional.

Keuntungan Membeli Rumah Baru

Di sisi lain, membeli rumah baru memberikan banyak keuntungan untuk Anda. Pertama adalah Anda tidak perlu pusing memikirkan masalah perawatan lantaran bangunan rumah baru dan biasanya Anda mendapatkan garansi dari pihak pengembang. Kedua, ketika membeli rumah baru, Anda akan mendapatkan rumah dengan fitur modern. Mulai dari garasi yang memadai, sanitair modern yang nyaman, jalan akses yang dapat dilalui kendaraan roda empat ditambah ketersediaan fasilitas umum seperti taman bermain anak ataupun sarana ibadah. Sistem keamanannya pun sudah ketat dengan one gate system.

Baca juga: 3 Tempat Wisata Favorit di Cileungsi yang Wajib Dikunjungi

Dalam beberapa kasus, membeli rumah baru ternyata jauh lebih murah dari membeli rumah bekas. Untuk urusan fasilitas umum, Anda tidak perlu khawatir. Perumahan baru kini memiliki fasilitas umum yang lengkap, tidak kalah dengan rumah bekas di kawasan ibu kota. Lihat saja Harvest City yang menyediakan fasilitas umum super lengkap untuk penghuninya. Di dalam kota mandiri seluas 1.350 hektar ini sudah tersedia fasilitas perbelanjaan mulai dari minimarket sampai Narma Toserba. Ada juga fasilitas yang bersifat rekreasi seperti Festival Oriental, Harvest Walk, dan Lamtoro Karting.

Bagi yang suka makan-makan di luar, tidak perlu jauh-jauh. Ada Hobbit Hills Eco Restaurant dan Saung Apung, ditambah gerai makanan lainnya di kawasan ruko-ruko komersial yang tersebardi Harvest City. Malahan baru-baru ini dibuka gerai KFC di Harvest City, dan menyusul Roti Bakar 88.

Harvest City juga menyediakan fasilitas angkutan umum lengkap, untuk ke ibu kota bisa naik JR Connexion dan untuk internal area tersedia angkutan umum kawasan. Sama halnya seperti hidup di area perkotaan.

Kalau ada rumah baru dengan fasilitas kota, mengapa harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli rumah bekas di kota yang butuh biasa perawatan besar?