News

Inilah Berkas yang Harus Disiapkan Saat Ajukan KPR di IPEX 2018

30 January 2018

JAKARTA, INAPEX.co.id – Inilah berkas yang harus disiapkan saat ajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018 untuk mendapatkan kemudahan melalui layanan ‘satu hari persetujuan’ ( 1 hour approval).

Manager Non Subsidized Mortgage and Consumer Leanting Division Bank BTN Romeo Daniel Makenru Van Enst menjelaskan, bagi calon konsumen properti dapat memanfaatkan pameran IPEX 2018 untuk mengajukan KPR BTN.

“Masyarakat pencari properti harus memperhatikan sejumlah berkas yang harus dipersiapkan secara matang agar pengajuan KPR bisa disetujui secara cepat dan lebih efisien,” kata Romeo saat dihubungi INAPEX.co.id, di Jakarta, baru-baru ini.

Romeo menyarankan, agar melengkapi persyaratan administrasi ketika ingin berkunjung ke pameran IPEX pada 3 – 11 Februari 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Kelengkapan tersebut berupa surat-surat identitas seperti KTP, kartu keluarga, dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Selain itu, kelengkapan lainnya seperti slip gaji terakhir serta bukti rekening koran juga harus dilampirkan saat pengajuan KPR. Bila seluruh syarat-syarat tersebut bisa dilengkapi dengan baik, maka kemungkinan besar pengajuan KPR bisa diproses dengan cepat.

Rumah yang akan diajukan pada program KPR harus memiliki status yang bersih dan jelas. Yang dimaksud dengan status rumah yaitu rumah tersebut tidak memiliki sertifikat palsu, tidak sedang dalam sengketa, dan tidak sedang dalam kondisi digadaikan untuk melunasi kewajiban utang.

Untuk mengusut riwayat dari rumah yang akan dijadikan obyek KPR, maka biasanya pihak bank juga meminta nasabah untuk melengkapi berbagai informasi seputar rumah mulai dari IMB (Izin Mendirikan Bangunan), denah rumah, surat bukti pembayaran PBB, serta sejumlah kelengkapan lainnya.

 

REPUTASI KEUANGAN

Calon konsumen, kemungkinan juga akan mendapatkan penolakan KPR jika ternyata memiliki reputasi keuangan yang buruk di mata perbankan. Jumlah saldo tabungan yang tidak banyak serta jejak penggunaan kartu kredit yang sering bermasalah akan membuat kesulitan saat akan mengajukan program KPR. Sebaliknya, nasabah bank yang tidak pernah melakukan penunggakan pembayaran dan rajin menabung akan mendapatkan kemudahan dalam persetujuan program KPR. 

PERSYARATAN

  1. Photo copy KTP suami istri @ 5 lembar
  2. Photo copy KK 5 lembar
  3. Photo copy surat nikah 5 lembar
  4. Photo copy NPWP 5 lembar
  5. SK pengangkatan karyawan tetap
  6. Surat keterangan masih aktif bekerja
  7. Pph 21
  8. Rekening koran min. 3 bulan terakhir
  9. Slip gaji min. 3 bulan terakhir
  10. Surat keterangan belum memiliki rumah dari desa/kelurahan
  11. Pas photo 3×4 dan pasangan @ 1 lembar

Sumber : http://inapex.co.id/inilah-berkas-yang-harus-disiapkan-saat-ajukan-kpr-di-ipex-2018/